selamat datang di nemantyblog semoga anda bisa memperoleh informasi yang anda cari

Rabu, 30 November 2011

Budaya Politik di Indonesia

Setiap Warga negara dalam kesehariaannya hampir selalu bersentuhan dengan aspek-aspek politik praktis baik yang bersimbol maupun tidak. proses pelaksanaannya dapat terjadi secara langsung atau tidak langsung.Secara tidak langsung berarti, sebatas mendengar informasi atau berita-berita tentang peristiwa politik yang terjadi.Secara langsung berarti, orang tersebut terlibat dalam peristiwa politik tertentu.


Kehidupan politik yang merupakan bagian dari keseharian dalam interaksi antara warganegara dengan pemerintah dan institusi-institusi di luar pemerintah (non-formal) telah menghasilkan dan membentuk variasi pendapat, pandangan, dan pengetahuan tentang praktik-praktik perilaku politik dalam semua sistem politik. Oleh karena itu, kita bisa melihat dan mengukur pengetahuan, perasaan, dan sikap warganegara terhadap negaranya sendiri, pemerintah, pemimpin politik dan lain-lain.


Budaya politik merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat dengan ciri-ciri yang lebih khas. Istilah budaya politik meliputi masalah legitimitas, pengaturan kekuasaan, proses pembuatan kebijakan pemerintah, kegiatan partai-partai politik, perilaku aparat negara, serta gejolak masyarakat terhadap kekuasaan yang memerintah.


Kegiatan politik juga memasuki kegiatan keagamaan, kegiatan ekonomi, dan sosial, serta kehidupan pribadi dan sosial secara luas. Dengan demikian, budaya politik langsung mempengaruhi kehidupan politik dan menentukan keputusan nasional yang menyangkut pola pengalokasian sumber-sumber daya masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar