selamat datang di nemantyblog semoga anda bisa memperoleh informasi yang anda cari

Senin, 28 November 2011

Kerajaan Kutai


  • Kehidupan politik

Kerajaan Kutai di hulu sungai Mahakam, Kalimantan Timur merupakan kerajaan hindu pertama di Indonesia. Sumber utama kerajaan Kutai ialah 7 buah batu tulis yang di sebut Yupa. Prasasti ditulis dengan huruf Palawa dan berbahasa Sansekerta, di perkirakan pada tahun 400M( abad ke-5 M ). Isi prasasti dapat diketahui bahwa raja yang memerintah ialah Mulawarman, anak Aswawarman dan Cucu Kudungga. Disebutkan pula dalam Prasasti bahwa raja Mulawarman memberikan hadiah 1.000 ekor lembu kepada kaum Brahmana. Selain itu, juga di sebutkan dalam prasasti yaitu bahwa Aswawarman adala Wangsakarta (Pendiri dinasti).


  • Kehidupan sosial ekonomi
Melihat Bahwa letak kerajaan Kutai pada jalur perdagangan dan pelayaran antara Barat dan Timur, oleh karena itu perdagangan adalah aktivitas yang menjadi mata pencaharian yang utama.
  • Kehidupan kebudayaan
Salah satu hasil kebudayaan masyarakat Kutai, yaitu tugu batu yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia dari zaman Megalitikum, yakni berbentuk Menhir.
Salah satu prasasti Yupa menyebutkan satu tempat suci dengan nama Wapakeswara (Tempat pemuja Dewa Siwa). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa masyarakat Kutai memeluk agama Siwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar