selamat datang di nemantyblog semoga anda bisa memperoleh informasi yang anda cari

Rabu, 23 November 2011

Sepak Bola

 Pola pertahanan dan penyerangan


Taktik atau siasat dalam bermain sepak bola merupakan seni permainan yang di rencanakan dan dipikirkan sesuai dengan keadaan untuk mendapatkan kemenangan. teknik penyerangan yang sering digunakan adalah:
  1. Taktik melakukan gerakan tersusun.
 setiap tim mempelajari bagaimana melakukan gerakan tersusun yang di mulai dengan gerakan bola dan gerakan penyerangan, contohnya : gerakan-gerakan tersusun itu dilakukan mulai dengan bola pertama di gulirkan, tendangan penjuru, tendangan bebas, dan melemparkan bola.
    2.  Teknik mencari ruang kosong
semua pemain mencoba mencari ruang kosong atau ruang yang tidak terjaga, dan tidak perduli di beri operan atau tidak karena selagi musuh lengah bisa saja kita yang sudah siap di ruang yang tidak terjaga oleh musuh di beri operan oleh teman kita dan langsung menyerang ke arah lawan itulah teknik mencari ruang kosong 
    3. Teknik operan 1-2 (Wall Pass)
wall-pass merupakan teknik gerakan yang sangat sederhana. teknik ini biasanyan dilakukan oleh dua orang pemain bola dengan saling oper bertujuan untuk menembus pertahanan lawan yang cukup rapat. meski sangat sederhana, namun teknik ini perlu latihan yang cukup, terutama untuk saling pengertian di antara dua pemain tersebut.

Formasi permainan sepakbola

Formasi penyerangan 4-2-3-1

formasi ini pernah di lakukan oleh TIMNAS Italia dalam merebut piala dunia tahun 2006.
  • empat pemain belakang merupakan pertahanan yang kuat. dimana kedua pemain tengah (center back) bermain berdampingan satu sama lain secara diagonal, salah satu center back ikut bergerak maju ketika timnya melakukan serangan. pemain back sayap bisa melakukan over laping maju membantu serangan.
  • pemain bertahan gelandang ada 2 yang bertugas membantu pertahanan dan serangan balik secara cepat. di samping itu dua pemain ini bisa bekerja sebagai penyuplai bola-bola dari belakang ke depan.
  • di lapis depan ada 3 pemain gelandang serang yang bisa melakukan serangan secara frontal dari berbagai sisi. Posisi pemain ini juga bisa dikatakan sebagai penyerang terutama yang berposisi tengah. posisi tersebut juga sebagai jembatan suplay bola dari gelandang bertahan.
  • satu pemain penyerang mempunyai tugas utama menyerang. dalam penyerang ia di bantu 3 gelandang serang.
Formasi pertahanan 4-4-2

sistem ini digunakan untuk meningkatkan keseimbangan di lapangan tengah dan membuat barisan pertahanan yang lebih baik. sistem ini otomatis membuat kecenderungan agar sistem keamanan barisan pertahanan lebih baik dan optimal juga peningkatan keseimbangan di lapangan tengah.
  
  • di lapangan tengah di perkuat oleh 4 pemain untuk mengontrol lapangan tengah dengan cara yang lebih baik dan memastikan irama permainan yang lebih nyata. merupakan suatu pemikiran sementara menggunakan sistem ini dengan benar dalam memperkuat lapangan tengah.
  • di pertahanan lawan di tempatkan di ujung tombak sebagai pemain yang berbahaya bagi gawang lawan. diharapkan dapat memberi ruang dan waktu bagi teman satu tim untuk melakukan aksi individu (menggiring bola) dan menunjukan kerjasama dalam melakukan pasing dan wall pass.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar