selamat datang di nemantyblog semoga anda bisa memperoleh informasi yang anda cari

Senin, 05 Desember 2011

Kerajaan Tarumanegara

Kehidupan Politik




Kerajaan Tarumanegara terletak di Bogor, Jawa barat, merupakan kerajaan tertua kedua di Indonesia. Sumber-sumber kerajaan Tarumanegara dapat di bagi menjadi dua yakni:

  • Berita Cina zaman Dinasti Tang, Menyebutkan adanya kerajaan To-Lo-Mo (Tarumanegara) mengirimkan utusan ke Cina beberapa kali (tahun 528,538,665, dan 666 M).
  • Prasasti-prasasti yang ada di Jawa Barat yakni Prasasti Ciaruteun (Bogor), Prasasti Kebon Kopi (Bogor), Prasasti Jambu atau Prasasti Pasir Koleangkak (Bogor), prasasti Pasir Awi atau Prasasti Muar ( Bogor), Prasasti Tugu (Cilincing,Tanjuk Priok, Jakarta), Prasasti Lebak (Banten Selatan).
kehidupan Sosial ekonominya


Kehidupan perekonomian kerajaan Tarumanegara ialah Pertanian dan peternakan. Hal ini dapat di ketahui dari isi Prasasti Tugu yakni tentang pembangunan atau penggalian saluran Gomati yang panjangnya 6112 tombak (12km) selesai di kerjakan dalam waktu 21 hari. setelah selesai penggalian Raja Punawarman mengadakan selamatan dengan memberikan hadiah 1000 ekor lembu kepada para Brahmana.


Kehidupan Kebudayaan


Dilihat dari teknik dan cara penulisan huruf-huruf pada prasasti yang di temukan sebagai bukti keberadaan kerajaan Tarumanegara, dapat di ketahui bahwa kehidupan kebudayaan masyarakat pada masa itu sudah tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar