selamat datang di nemantyblog semoga anda bisa memperoleh informasi yang anda cari

Kamis, 01 Desember 2011

Pengertian Budaya politik menurut para ahli

Ada banyak sarana ilmu politik yang mengkaji tema budaya politik sehingga terdapat variasi konsep tentang budaya politik yang kita ketahui. Namun bila di amati dan di kaji lebih jauh, derajat atau tingkat perbedaan konsep tersebut tidaklah begitu besar sehingga tetap dalam satu pemahaman dan rambu-rambu yang sama.Berikut ini merupakan pengertian budaya politik menurut beberapa ahli ilmu politik.


  • Rusadi Sumintapura
Budaya politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang menghayati oleh para anggota suatu sistem politik.
  • Sidney Verba
Budaya politik adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekspresif, dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik di lakukan.
  • Alan R.Ball
Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi, dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dengan sistem politik dan isu-isu politik.
  • Austin Ranney
Budaya politik adalah seperangkat pandangan tentang politik dan pemerintahan yang di pegang secara bersama-sama, sebuah pola orientasi terhadap objek-objek.
  • Gabriel A.Almond dan G.Bingham Powell,Jr.
Budaya politik berisikan sikap, keyakinan dan nilai, dan ketrampilan yang berlaku bagi seluruh populasi, juga kecenderungan dan pola-pola khusus yang terdapat pada bagian-bagian tertentu dari populasi.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas (menurut para ahli), dapat di tarik beberapa batasan konseptual tentang budaya politik sebagai berikut:

Pertama, Bahwa konsep budaya politik lebih memberi penekanan-penakanan pada perilaku-perilaku nonaktual seperti orientasi,sikap, dan nilai-nilai, dan juga kepercayaan-kepercayaan. Hal inilah yang menyebabkan gabriel A Almond memandang bahwa budaya politik adalah dimensi psikologis dari sebuah sistem politik yang juga memiliki peranan penting demi berjalannya sebuah sistem politik.

Kedua, hal-hal yang daiorientasikan dalam budaya politik adalah sistem politik, artinya pembicaraan tentang budaya politik tidak pernah lepas dari  pembicaraan sistem politik. hal-hal yang diorientasikan dalam sistem politik yaitu: setiap komponen yang  terdiri dari komponen struktur dan fungsi dalam sistem politik seseorang akan memiliki orientasi yang berbeda terhadap sistem politik dengan melihat fokus yang diorientasikan, apakah dalam tataran struktur politik, fungsi struktur politik, dan gabungan keduannya. Misal, orientasi politik terhadap lembaga politik seperti lembaga legislatif, eksekutif dan sebagainya.

Ketiga, Budaya politik merupakan deskripsi konseptual yang menggambarkan komponen- komponen suatu budaya politik dalam tataran masif, atau mendeskripsikan masyarakat di suatu negara atau wilayah, bukan per individu. Hal ini berkaitan dengan pemahaman bahwa budaya politik merupakan refleksi perilaku warga negara secara masal yang memiliki peran besar bagi terciptanya sistem politik yang ideal.

Dengan memahami budaya politik kita dapat mengambil manfaat seberti berikut ini,
  • Sikap warga negara terhadap sistem politik akan mempengaruhi tuntutan, tanggapan dukungan, serta orientasinya terhadap sistem politik itu.
  • hubungan antara budaya politik dengan sistem politik atau faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya pergeseran budaya politik dapat di mengerti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar